9 Fungsi Lumut Untuk Survival di Alam Bebas

Fungsi Tumbuhan Lumut. Sering menemukan lumut di hutan?, jangan dipanjang sebelah mata, karena dalam situasi darurat, lumut bisa bermanfaat dalam banyak hal. Apa yang anda ketahui tentang lumut?, tumbuhan hijau yang tumbuh di pohon, batu, tanah dan kadang-kadang tumbuh di sisi bangunan?. Lalu lumut itu tumbuhan yang baik untuk apa?, tentu saja baik dalam keadaan survival. Lumut mempunyai berbagai kegunaan dalam beberapa cara yang berbeda khususnya untuk survival di alam bebas.
lumut gambut
Tumbuhan Lumut
Berikut fungsi tumbuhan lumut pada situasi survival :

1. Penunjuk Arah

Lumut merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk Mencari Arah Tanpa Kompas. Tumbuhan lumut menyukai kelembapan. Lumut menyerap air dari media yang berair, oleh karena itu lumut menghindari matahari secara langsung. Jika tumbuhan selalu menghadap ke arah matahari untuk tetap hidup dan melakukan fotosintesis yaitu ke arah timur, maka lumut akan mencari area yang tidak terkena matahari yaitu arah barat dimana matahari selalu lebih rendah ketika sore daripada pagi hari. 
pohon berlumut
Sisi Pohon Berlumut
Tempat dimana tumbuhnya lumut akan mengarah ke barat. Namun, tidak semua tumbuhan lumut selalu menghindari sinar matahari dan tempat yang dingin. Untuk itu periksa sisi pohon mana yang terasa lebih panas dibanding sisi lainnya dan sisi pohon paling hangat akan menunjukkan arah barat. Cara ini efektif saat malam hari.

2. Sumber Air Minum

Menggunakan lumut adalah salah satu Teknik Survival Mendapatkan Air yang sangat berguna. Lumut gambut (sphagnum) atau lumut sejati di hutan sering membentuk hamparan seperti karpet. Kulit batang yang bersifat spons bisa menyerap banyak air secara efektif dan bisa digunakan untuk sumber air. Karena asam, bakteri cenderung tidak tumbuh di dalamnya. Kumpulkan lumut yang masih basah dan peras, lalu kumpulkan airnya untuk diminum. Untuk pemerasan bisa dilakukan dengan memeras di atas bahan kain bersih sebagai saringan.
sumber air dari lumut
Air Dari Lumut

3. Pengganti Kapas

Daya serap yang tinggi pada lumut bisa difungsikan sebagai kapas ketika terluka. Banyak jenis lumut termasuk lumut gambut (sphagnum) yang bisa digunakan sebagai perban untuk membalut luka. Lumut memiliki zat antiseptik dan bertindak sebagai yodium alami untuk menyeterilkan luka. Balutlah luka dengan lumut yang dibalut dengan kain.
Selain itu lumut yang kering bisa digunakan sebagai pembalut bagi wanita. Bungkus lumut kering pada kain dan gunakan sebagai pembalut. Untuk mengganti cukup buang lumut, bersih dan keringkan kain pembungkusnya dan ganti dengan lumut kering yang baru.

4. Bahan Bakar

Lumut yang kering atau sudah mati bisa difungsikan menjadi bahan bakar karena lumut kering mudah terbakar dan cukup bagus untuk membuat api. Dengan begini anda bisa Membuat Api Tanpa Korek Api.

5. Pelindung Dari Air

Lumut suka di tempat lembab tetapi bersifat anti air (waterproof). Lapisan anti air dari tumbuhan lumut bisa digunakan untuk melapisi tenda darurat untuk menjaganya tetap kering. Ambil lumut dengan potongan yang cukup besar agar mudah menutup tenda darurat dengan cepat. Akar tumbuhan lumut memiliki kelebihan bisa merekat pada berbagai permukaan yang keras. Dalam waktu 24 jam, sistem akar pada lumut akan tumbuh dan melapisi tenda darurat dari air. 
shelter darurat
Shelter Darurat

6. Sebagai Isolator

Karena padat dan memiliki akar yang rapat, lumut berfungsi sebagai isolator yang baik untuk melawan hawa panas, dingin dan angin kencang pada tenda darurat anda. Selain melawan perubahan iklim yang ekstrim, lumut juga menjaga panas tubuh keluar, jadi tenda darurat anda akan tetap hangat.

7. Menyamarkan Tenda Darurat

Melapisi tenda darurat dengan lumut juga berfungsi untuk menyamarkan tenda darurat dari beberapa hewan karena tidak terlalu menarik perhatian.

8. Sebagai Makanan

Lumut hati (hepaticophyta) berbentuk lembaran. Pada umumnya mudah ditemukan pada tebing-tebing yang basah, di wilayah bukit atau pegunungan. Selain bisa dimakan, lumut hati juga memiliki fungsi untuk obat yaitu :
  • Marchantia polymorpha : Menghilangkan racun akibat gigitan ular, obat sakit perut dan demam.
  • Conocephalum conicum : Antibakteri, antifungi, mengobati luka bakar dan luka luar.
  • Frullania tamarisci : Antiseptik.


9. Alat Filtrasi

Mencari air dalam situasi survival, belum tentu selalu mendapat air bersih dari embun, air kotor tak jarang juga ditemukan, namun tidak perlu kuatir tentang hal itu. Lumut gambut (sphagnum) yang mengandung keasaman tinggi dan sifat antibakteri bisa digunakan sebagai alat penyaringan air.

Itu adalah 9 fungsi lumut yang bisa dumanfaatkan untuk kondisi survival dan ternyata lumut memiliki peranan amat penting di alam liar bukan?.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "9 Fungsi Lumut Untuk Survival di Alam Bebas"

Post a Comment