4 Tanaman Liar Beracun yang Mematikan

Tanaman Liar Beracun yang Mematikan. Teknik bertahan hidup menjadi hal penting yang harus dipahami oleh para pecinta alam dan juga pendaki gunung. Berbagai tumbuhan liar memberikan manfaat yang kadang dimengerti, kadang juga tidakDari banyaknya Tanaman Liar yang Bisa Dikonsumsi, harus diketahui pula ada beberapa tanaman di hutan yang berbahaya bahkan merugikan jika kurang hati-hati.
Berikut adalah tumbuhan berbahaya di hutan yang tidak aman untuk dikonsumsi:

1. Jarak

Jarak (Ricinus Communis) merupakan tanaman bermanfaat namun juga merugikan. Biji jarak adalah pembunuh yang mematikan, disamping daun dan getahnya yang berguna untuk pengobatan. Biji jarak menyebabkan gangguan peredaran darah dan pernafasan dan bisa membunuh dalam waktu 36-48 jam.
jarak beracun
Jarak

2. Picung

Pohon Picung merupakan pohon liar yang sering dijumpai di daerah yang memiliki permukaan tanah 1.000 mdpl. Pohon ini bisa mencapai ketinggian 40 meter dengan diameter batang 2,5 meter. Daunnya berbentuk jantung dengan warna hijau gelap di bagian atas dan agak keputihan di bagian bawah.
picung beracun
Picung
Dari beberapa Buah Liar yang Bisa Dikonsumsi, buah pohon picung masuk dalam golongan buah beracun karena mengandung sianida yang bisa menyebabkan kematian jika dimakan mentah. Biji picung akan aman jika direbus dan direndam dahulu.

3. Kecubung

Kecubung (Dature Metel) menyebabkan halusinasi pada bagian bijinya. Efek yang ditimbulkan antara lain mual, muntah, sesak nafas, gelisah, pusing, halusinasi dan akhirnya berujung kematian.
kecubung beracun
Kecubung

4. Jamur Amannita Verna

Dari sekian banyak Jamur Beracun di Alam Bebas, jamur amannita verna merupakan spesies jamur yang paling berbahaya karena setelah mengkonsumsinya, kematian biasanya langsung terjadi. Jamur ini bisa tumbuh di berbagai suhu dengan ciri khas adanya bercak-bercak putih di bagian kepala. Dalam 2-3 jam setelah mengkonsumsi dapat terjadi diare, vertigo, koma, muntah dan lainnya.
jamur amannita verna beracun
Jamur Amannita Verna
Beberapa Jamur Beracun di Alam Bebas lainnya adalah : Psilocybe, Corprinus, Hygrophorus miniatus, Gomphus bonari, Microglossum rufum.
Itu adalah 4 tumbuhan liar beracun mematikan yang bisa digunakan sebagai info untuk mencegah kekeliruan dalam survival, sekaligus sebagai bekal persiapan sebelum berpetualang di alam liar. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "4 Tanaman Liar Beracun yang Mematikan"

Post a Comment