7 Cara Membuat Api Tanpa Korek Api dalam Kondisi Survival

Cara Membuat Api Tanpa Korek Api. Membuat api di alam liar memang cukup penting. Di alam liar, setiap orang harus mengerti ketrampilan membuat api khususnya untuk bertahan hidup sekaligus untuk membuat sinyal darurat. Anda tidak pernah tau kapan anda ada di dalam kondisi dimana api sangat dibutuhkan, namun tidak ada korek api. Dalam situasi survival ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat api.
Membuat api yang paling utama adalah sumbu. Yang dimaksud disini adalah rumput dan daun kering yang bisa memicu api. Berikut metode yang bisa digunakan untuk membuat api di alam liar :

1. Metode Elektrik

Ilmu Fisika bisa berguna dalam situasi survival. Dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini, menggunakan metode elektrik adalah yang cukup mudah. Bahan yang diperlukan adalah wol baja (steel wool) dan baterai. Ponsel memiliki baterai yang dapat memicu api. Taruh wol baja sebagai sumbu di atas tumpukan rumput kering, lalu gosokkan baterai dengan wol baja hingga api menyala.
Metode Elektrik
Selain itu aluminium bungkus permen karet juga bisa digunakan untuk membuat api. Potong bungkus permen karet memanjang, lalu sambungkan masing-masing ujung ke kutup positif dan negatif pada baterai. Api yang muncul pada bungkus permen karet harus segera ditranfer ke sumbu lain (rumput kering, dsb) dengan cepat karena api ini cukup cepat membakar sumbu (aluminium).

2. Reaksi Kimia

Ilmu kimia juga tidak kalah penting dalam situasi survival. Untuk membuat api dalam reaksi kimia, hanya dibutuhkan dua bahan yaitu kristal permanganat kalium dan gliserin. Tempatkan  kertas atau daun kering dengan sesendok kalium permanganat ditengah-tengahnya lalu tambahkan beberapa tetes gliserin. Sebuah ledakan kecil akan muncul setelah beberapa menit untuk membakar sumbu.
 
Membuat api juga bisa dilakukan dengan kaporit atau tablet dan brake fluid (minyak rem). Caranya sama, taruhlah kaporit di atas sumbu, lalu siram dengan brake fluid. Asap akan muncul sebelum api membakar sumbunya.

3. Pembakaran Matahari

Beralih ke hukum Archimedes tentang pembakaran dengan memfokuskan sinar matahari. Untuk membuat api dari sinar matahari, anda memerlukan alat yang bisa memfokuskan sinar matahari, tentu saja jangan melupakan sumbu (rumput kering, dst). Dalam hal ini bisa digunakan Metode Lensa Membuat Api tanpa Korek Api.
 
Untuk memfokuskan sinar matahari gunakan media lensa, bagian bawah kaleng soda yang berbentuk cekung, reflektor pada lampu senter atau dengan media air di dalam botol. Tujuannya hanyalah untuk memfokuskan sinar matahari. Untuk kaleng soda, gosokkan coklat, pasir, atau pasta gigi untuk mengkilapkan dasar kaleng sebelum mencari titik api kaleng di bawah sinar matahari.
Memfokusan Dengan Media Air
Kreatifitas untuk menciptakan api sangat diperlukan dalam metode ini. Intinya adalah memfokuskan sinar matahari pada satu titik (sumbu) yang mudah terbakar seperti wol baja.

4. Hand Drill

Metode ini tergolong primitif karena hanya menggunakan kayu poros yang diputar dengan tangan kosong. Yang dibutuhkan adalah kayu kering yang panjang sebagai poros, papan kayu sebagai alas dan sumbu. 
Buat titik yang besarnya sama dengan kayu poros dan potong tepinya seperti huruf V agar serbuk api jatuh ke sumbu. Letakkan sumbu di bawah papan alas, kemudian putarlah kayu poros dengan tangan hingga terbentuk api.
Hand Drill

5. Bow Drill

Sesuai namanya, busur memang dibutuhkan untuk membuat api dengan teknik bow drill. Anda perlu membuat alat semacam busur untuk memutar kayu poros. Gunakan kayu yang segar agar kulitnya bisa dugunakan sebagai tali busur. Caranya sama dengan metode Hand Drill. Pasang kayu poros di busur dan putarlah di atas alas.
Bow Drill

6. Fire Plough

Berbeda dengan drill, keyu poros pada metode ini tidak diputar namun digesekkan kedepan dan belakang hingga ada serbuk kayu yang terbakar. Buat lekukan panjang pada alas kayu sebagai tempat gesekan serbuk kayu.
Fire Plough

7. Baja dan Batu Api

Teknik ini cukup modern. Yang diperlukan adalah baja, batu api dan char cloth (arang kain). Arang kain bisa dibuat dengan memasukkan kain perca di dalam kaleng besi yang sudah dilubangi, kemudian dibakar.
Cara membuat api adalah letakkan arang kain di atas batu api dan gesekkan dengan baja. Percikan api akan membakar arang kain, kemudian letakkan pada sumbu agar api menyala.
Metode Gesekan
Itu adalah beberapa metode untuk membuat api dalam kondisi survival. Selain pengetahuan tentang alat dan bahan tersebut, diperlukan juga kreatifitas untuk bisa menciptakan api lebih cepat. Selamat Berpetualang!.

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "7 Cara Membuat Api Tanpa Korek Api dalam Kondisi Survival"

  1. thanks, semoga bermanfaat dan bisa di terapkan oleh banyak survival's

    ReplyDelete
  2. Kelihatanya biasa saja, tapi sangat penting pada saat yang genting!

    ReplyDelete