5 Cara Memanfaatkan Pohon Pinus untuk Survival

Manfaat Pohon Pinus Untuk Survival. Saat berpetualang ke alam liar, pasti ada beberapa tempat khas yang bisa dijumpai, seperti savana, hutan yang berisi kumpulan pohon cantigi, pohon edelweis, maupun pinus. Hutan pinus merupakan sumber daya yang tersedia gratis di alam liar karena sebagian besar bagian pohon pinus memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna.

Jika anda dalam situasi hidup di tengah-tengah pohon pinus, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang fungsi pohon pinus dalam kondisi survival :

1. Membuat Api

Pohon pinus mengandung resin (getah), yaitu cairan yang akan merembes keluar ketika batang atau pohon terpotong dan menyumbat daerah yang rusak. Kikislah pohon pinus dengan tongkat untuk mengumpulkan resin. Resin biasanya berwarna merah, kental dan sangat jelas. 
Resin Pinus untuk Membuat Api
Resin pohon pinus sangat mudah terbakar dan bisa digunakan untuk starter api yaitu dengan menggunakan kerucut pinus. Kerucut pinus selain untuk hiasan bisa diisi dengan resin untuk membuat api.
Anda'pun bisa membuat obor sederhana dari batang pinus untuk perjalanan malam hari atau sekedar untuk menerangi tempat camp.

2. Pengobatan

Ada beberapa fungsi dari pohon pinus untuk pengobatan yaitu :
  • Getah pinus bisa dikunyah seperti permen karet atau dicampur dengan air untuk diminum. Hal ini dikenal sangat efektif mengobati sakit maag dan reumatoid arthritis.
  • Daun pinus bisa direbus untuk dibuat teh. Teh daun pinus ini memiliki kandungan vitamin A dan C dalam jeruk 5 kali lebih banyak sehingga bisa menurunkan gejala flu.
  • Getah pinus memiliki sifat anti bakteri sekaligus bisa membendung aliran darah. Getah pinus ini bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, abses dan lecet. Biarkan resin mengering di tempat cedera sebelum mengupasnya.
  • Kulit dalam pohon pinus bisa digunakan antiseptik untuk luka. Caranya dengan membalut luka dengan kulit dalam pohon pinus, lalu ikat atau tutup dengan lakban atau lainnya.  

Teh Daun Pinus

 

3. Pengusir Serangga

Serangga tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja karena juga Serangga Berbahaya dan Beracun di Alam Bebas yang mungkin bisa ditemui. Resin pinus merupakan obat nyamuk efektif ketika ada di alam liar. Sedangkan daun jarum pinus sudah dikenal membantu mengusir kutu dan serangga lainnya sehingga daun pinus cocok untuk menutup atap camp darurat anda.

 

4. Membuat Lem

Resin pinus bisa digunakan untuk lem. Carilah getah pinus dan panaskan, namun jangan terlalu panas. Tambahkan bubuk arang kayu untuk mengurangi lengketnya. Campurlah dengan bahan penguat senyawa lem, seperti serbuk kayu, lilin atau bulu hewan. Aduk rata.

Getah Pinus
Buatlah kuas alami. Bisa dibuat dari ujung batang hijau yang diremukkan sampai berbentuk serabut untuk mengaplikasikan lem. Jika resin kering, bisa kembali dipanaskan untuk dikonversi kembali ke bentuk cair. 

Lem ini memiliki banyak fungsi yaitu : 
  • Memperbaiki sol sepatu.
  • Menambal wadah air atau makanan.
  • Sebagai lapisan waterproof untuk bagian bawah sepatu.
  • Memperbaiki lubang di tenda.

5. Sumber Makanan 

Kulit bagian dalam pohon pinus bisa dimakan. Kulit pinus bisa di rebus,di goreng sampai coklat keemasan atau dipanggang hingga kering dan crispy. Bagian yang paling lezat dimakan adalah bagian yang terjauh dari kulit luar dan terdekat dengan bagian kayu keras karena memiliki rasa yang hampir manis. Selain itu kacang pinus juga bisa dikonsumsi mentah atau dipanggang.

Kulit Dalam Pohon Pinus
Namun ingat, ketika memotong kulit pohon, pastikan untuk memotong strip kecil paling banyak 1/10 lingkar pohon agar pohon tidak mati dan bisa menyembuhkan bagian tubuhnya sendiri.

Pohon pinus sangat berharga dan berguna dalam situasi survival karena semua bagian dari pohon pinus dapat digunakan. Pohon pinus juga bisa ditemukan di seluruh dunia. Jika anda dalam kondisi survival, pohon pinus yang ada disana akan membantu anda bertahan. Selamat Berpetualang!

Baca : 
Mengenal Teknik dan Jenis Sinyal Darurat Internasional
Mengenal Pasir Hisap - Mengapa Terjadi dan Bagaimana Untuk Selamat

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "5 Cara Memanfaatkan Pohon Pinus untuk Survival"

Post a Comment