7 Tips Menghindari Kelelahan Saat Mendaki Gunung

Tips Mengurangi Kelelahan Saat Mendaki Gunung. Menikmati udara di alam bebas tentu sangat menarik bagi sebagian orang khususnya pecinta alam. Meski berada di alam bebas adalah sesuatu yang tidak cukup sulit, mengingat hanya sekedar berjalan-jalan. Kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung tentu akan menguras banyak energi dan anda tentu ingin melakukan segala hal untuk menghindari kelelahan. Menghindari kelelahan juga tidak lepas dari faktor waktu yang kadang sedang memburu perjalanan anda.
Kegiatan Pendakian
Berikut adalah tips mendaki gunung untuk menghindari kelelahan yang mungkin bisa terjadi :

1. Perlengkapan Standart

Perlengkapan pendakian sangat penting terutama atribut standart pendakian. Untuk membuat perjalanan anda aman, anda tentu tidak ingin salah kostum yang malah akan mengganggu perjalanan anda. Gunakan alas kaki saat melakukan pendakian. Anda bisa menggunakan sepatu atau sandal gunung dengan midsoles kaku yang sesuai untuk membawa beban berat.
Perlengkapan Standart

2. Peralatan

Sesuaikan barang bawaan dengan tujuan. Bawalah barang yang penting. Untuk mengurangi 'penderitaan' ketika pendakian, bawalah tenda dan kantong tidur ringan yang dirancang untuk backpacking. Gunakan burner kompor backpacking tunggal daripada kompor multi-burner berat. Selektiflah dengan wajah dan panci, bawalah sesedikit mungkin sesuai kebutuhan. Lebih baik lagi jika yang dibuat dari bahan yang ringan seperti aluminium.

3. Berjalan

Berjalanlah konstan pada kecepatan yang bisa anda pertahankan dalam jangka waktu panjang. Anda tidak perlu terburu-buru karena itu akan membuat anda lelah. Nafas anda harus dinaikkan tetapi itu tidak berarti harus terengah-engah atau berkeringat.

4. Istirahat Pendek

Ketika mendaki gunung, tidak perlu menunggu hingga anda benar-benar lelah untuk berhenti sebentar. Ambilah istirahat pendek 2 menit setiap 20-30 menit pendakian. Istirahatkan bagian bawah ransel di atas batu besar atau permukaan yang lain dimana bisa menghilangkan tekanan pada punggung anda.

5.  Istirahat Panjang

Ambilah istirahat lebih panjang sekitar 10 menit setiap 60-80 menit pendakian. Gunakan istirahat ini untuk makan cemilan dan melepas ransel anda. Anda bisa meregangkan otot sejenak dan mengistirahatkan punggung anda. 

6. Mengkonsumsi Kalori

Konsumsilah kalori yang cukup untuk mempertahankan energi. Pilih makanan padat untuk mengurangi berat ransel anda. Untuk rekomendasi, pilihlah makanan yang mengandung setidaknya 130 kalori per ons. Berhentilah sekitar 30-60 menit untuk mengisi bahan bakar tubuh anda. 

7. Minum Air

Minumlah air secara teratur. Anda harus minum setengah cangkir setiap 30-45 menit. Mungkin di pendakian pendek, anda bis membawa air yang cukup untuk anda. Namun dalam pendakian panjang, anda perlu mengisi botol air dari sumber air yang aman dan jika tidak ada, maka gunakan sistem filtrasi untuk menghilangkan bakteri dalam air.

Itu adalah beberapa tips untuk menghindari kelelahan saat mendaki gunung. Sebelum melakukan pendakian, tetap kenali medan yang akan anda tuju karena itu akan mempengaruhi perlengkapan yang akan anda bawa, setidaknya coba mencari tau dan kenali tempat tujuan anda. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Tips Menghindari Kelelahan Saat Mendaki Gunung"

Post a Comment