4 Tips Sebelum Memulai Pendakian Panjang yang Perlu Diketahui Penggiat Alam

Tips Sebelum Memulai Pendakian Panjang. Mendaki tentu menjadi hal yang tak jarang dilakukan bagi sebagian para penggiat alam bebas. Beberapa mungkin sering mendaki, beberapa mungkin jarang atau hampir tidak pernah. Kapan terakhir anda mendaki?, jika anda sudah lama tidak mendaki, atau mungkin anda pendaki pemula, tentu anda membutuhkan persiapan fisik yang matang sebagai pemanasan sebelum melakukan pendakian. Kaki yang diistirahatkan dalam jangka waktu lama membutuhkan pemanasan untuk mengembalikan kekuatannya karena anda tentu tidak ingin timbul rasa 'tidak sanggup' setelah sekian lama jarang mendaki bukan?
tips pendakian penjang
Kegiatan Pendakian
Ada 4 tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pendakian dalam jangka waktu lama :

1. Berjalanlah setiap hari

Latihan fisik terbaik sebelum melakukan pendakian adalah dengan berjalan karena hal ini adalah komponen utama mendaki. Anda bisa berjalan lambat di sekitar lingkungan anda atau dimanapun yang membuat anda nyaman. Jika anda bekerja, kuliah maupun pergi kemanapun yang berjarak beberapa kilometer, mulailah dengan berjalan kaki dan istirahatlah menggunakan transportasi.

Berjalan untuk suatu tujuan akan lebih menyenangkan daripada berjalan demi pelatihan fisik. Latihan berjalan juga tidak cukup dengan berjalan santai, anda mungkin harus melakukan jogging sesekali. Tingkatkan efektivitas jalan-jalan anda dengan menambah porsi seperti berjalan di medan yang tidak rata, bisa ditambah dengan membawa beban di ransel anda seperti air minum, makanan kecil, buku atau beberapa peralatan. Anda juga bisa pergi ke bukit di sekitar lingkungan anda, bahkan gedung, namun abaikan lift dan gunakan tangga untuk sesekali naik.

Berjalanlah 2 jam setiap hari selama beberapa bulan menjelasng hari pendakian anda. Tetaplah stabil pada latihan anda untuk mengawali langkah pertama pendakian.

2. Menjaga Berat Badan 

Lemak tubuh tidak selalu menjadi halangan untuk mendaki. Meski terlalu banyak lemak merupakan halangan, lemak yang terlalu sedikit juga bisa menimbulkan masalah. Lemak tubuh berfungsi untuk menyimpan energi saat makanan tidak tersedia.

Mendaki bisa membakar banyak kalori. Mendaki selama 12 jam sehari bisa membakar lebih dari 5.000 kalori yang berarti anda memerlukan energi, anda memerlukan lemak tubuh. Ketika anda mendaki dalam waktu lama dan jarak yang jauh, pada dasarnya anda memulai proses kelaparan diri sendiri. Siapapun yang telah sering menyelesaikan pendakiannya selama beberapa waktu mungkin akan tampak seperti tawanan perang yang kabur.

Anda bisa menaikkan berat badan 4 - 6 kilogram untuk memulai pendakian. Membawa beban tubuh yang lebih berat tentu menyulitkan, anda sudah berlatih untuk berjalan setiap hari bukan?

3. Olah Raga Teratur

Memulai olah raga teratur bisa sangat bermanfaat untuk anda. Olah raga teratur akan meningkatkan kekuatan, kesehatan dan kebugaran sekaligus membantu disiplin diri yang merupakan salah satu karakter paling penting dalam pendakian.

Lakukan latihan sehari-hari anda pada pagi hari yang dingin dimana anda lebih suka tetap tidur di balik selimut untuk persiapan ketika pagi hari yang lebih dingin di dalam sleeping bag di pegunungan. Waktu pendakian yang panjang membutuhkan banyak toleransi ketidaknyamanan dan cara terbaik untuk membangun hal itu adalah dengan disiplin dan percaya diri untu melakukan olah raga teratur dan serius.

4.Coba Perlengkapan Anda

Anda perlu mencoba perlengkapan anda sekaligus kebugaran sebelum memulai pendakian panjang anda. Menjelang minggu-minggu keberangkatan, pastikan peralatan anda aman, lengkap dan tidak ada kerusakan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam pendakian anda. Anda tentu tidak ingin sandal gunung anda putus di tengah jalan, kompor & tracking pole rusak, tenda tidak tahan hujan dan sebagainya. Anda pasti ingin menghindari menggunakan teknik survival dan menginginkan perjalanan yang benar-benar menyenangkan.

Campinglah tipis-tipis untuk mencoba perlengkapan anda sekaligus mencoba kekuatan anda sebelum melakukan pendakian yang panjang. 

Itu adalah 4 tips yang bisa anda gunakan sebelum kembali melakukan pendakian panjang. Kaki anda tidak selamanya tetap kuat dan anda harus mengembalikan kekuatan kaki, kebugaran tubuh dan persiapan fisik yang matang untuk memulai pendakian panjang anda. Selamat Mendaki !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "4 Tips Sebelum Memulai Pendakian Panjang yang Perlu Diketahui Penggiat Alam"

Post a Comment