6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

Cara Menentukan Arah Tanpa Kompas. Memiliki pengetahuan navigasi sangat penting bagi penggemar kegiatan alam bebas. Navigasi dengan kompas diperlukan untuk menentukan arah dan mencegah tersesat. Dalam beberapa kegiatan pendakian, kadang kompas jarang masuk dalam bawaan wajib, mungkin karena jalur sudah jelas atau tidak bisa menggunakannya. Jika begitu, bagaimana jika tersesat dan tidak tau dimana arah utara dan selatan?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menentukan arah tanpa kompas, dan hal ini sangat berguna dalam kondisi survival.

1. Jam Tangan

Jam tangan bisa berguna untuk menentukan arah mata angin. Tentunya gunakan jam tangan yang 'bukan digital'. Sebagian Indonesia ada di sebalah bumi selatan (Southern Hemisphere) dan untuk mencari arah utara yaitu :
  • Arahkan angka 12 pada jam tangan ke arah matahari.
  • Perhatikan jarum penunjuk pada jam.
  • Pertengahan antara jarum penunjuk dan angka 12 (arah matahari) adalah arah utara.  
Jika berada pada bumi bagian utara (Northern Hemisphere), mencari arah utara tidak jauh berbeda, yaitu :
  • Arahkan jarum penunjuk jam ke arah matahari.
  • Pertengahan antara jarum penunjuk jam (arah matahari) dan angka 12 adalah arah selatan.
menentukan arah dengan jam tangan
Menentukan Arah dengan Jam Tangan
Metode menentukan arah menggunakan jam tangan mungkin ada sedikit penyimpangan dengan metode yang lain. Metode ini efektif jika matahari ada di ketinggian yang rendah.

2. Stik

Stik dan matahari bisa membantu menentukan arah dalam kondisi tersesat. Stik dan matahari akan menciptakan bayangan yang bisa digunakan untuk menentukan arah barat atau timur. Caranya :
  • Tancapkan stik di bawah sinar matahari.
  • Taruhlah tanda pertama pada ujung bayangan stik.
  • Tunggu 15 menit lalu taruh tanda kedua pada ujung bayangan stik yang telah berpindah.
  • Jika mungkin, tunggulah lagi 30 menit untuk menaruh tanda ketiga pada ujung bayangan stik yang bergeser lagi.
  • Tariklah garis lurus pada 3 tanda itu. Arah utara diperoleh dengan membuat garis tegak lurus dari garis yang didapat dari garis 3 tanda tadi.
menentukan arah dengan stik
Menentukan Arah dengan Stik
 

3. Jarum

Mengingat pelajaran ketika di Sekolah Dasar, jarum bisa digunakan untuk menunjukkan arah dengan memanfaatkan magnet dan media air. Caranya :
  • Gosokkan jarum pada magnet, atau permukaan yang kering. Bisa menggunakan kain sutra, rambut atau biasanya batu dan besi untuk mengubah jarum menjadi bermagnet.
  • Tusukkan jarum pada gabus atau benda lain yang bisa mengapung seperti daun.
  • Taruhlah di atas permukaan air. Ujung jarum ini selalu menunjuk ke atah utara atau selatan.
menentukan arah dengan jarum
Menentukan Arah dengan Jarum
Hal ini bisa dilakukan di malam hari jika matahari tidak bisa membantu anda menentukan arah mata angin.

4.  Rasi Bintang

Selain jarum, menentukan arah pada malam hari bisa dilakukan dengan melihat rasi bintang. Jika cuaca mendukung, ada beberapa rasi bintang yang bisa dimanfaatkan :
  • Rasi Biduk / Beruang Besar : Rasi 7 bintang berbentuk gayung ini bisa menunjukkan arah utara dan terlihat sepanjang tahun di rasi utara.
  • Rasi Bintang Orion : Rasi bintang ini mudah dikenali dengan adanya 3 bintang kembar berjajar yang membentuk sabuk orion untuk menunjukkan arah barat.
  • Rasi Bintang Pari / Layang-layang : Rasi bintang ini berada agak ke selatan dan menunjukan arah mata angin pada setiap bintang yang paling terang. 
menentukan arah dengan rasi bintang
Rasi Bintang Biduk - Rasi Bintang Orion - Rasi Bintang Pari


5. Tanda-tanda Alam

Menentukan arah saat tersesat namun minim perlengkapan, anda bisa melakukannya dengan melihat kondisi alam di sekitar, yaitu:
  • Lumut : Jika tersesat di vegetasi pepohonan besar atau hutan lumut, perhatikan sisi batang pohon tersebut. Sisi pohon berbatang besar yang terkena sinar matahari tidak berlumut dan biasanya menunjukkan arah barat / timur. 
  • Panas pohon : Saat tersesat, bisa juga melakukan pengecekan suhu pohon. Rabalah pohon dan rasakan suhunya. Sisi pohon yang terasa paling hangat biasanya menunjukkan arah barat. Cara ini akurat dilakukan pada malam hari.
  • Bayangan matahari : Mencari arah di siang hari dengan adanya sinar matahari akan sangat membantu. Sama seperti menentukan arah dengan stik, lihatlah ke arah bayangan benda. Saat menuju sore, bayangan menda cenderung ke timur, sedangkan menjelang siang, bayangan benda cenderung ke barat.
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua lumut selalu menghindari matahari atau selalu mencari tempat yang dingin. Untuk itu lakukan double check untuk menemukan hasil yang akurat. 

6. Bulan

Trik navigasi menggunakan bulan merupakan metode yang cukup tua. Tak berbeda dengan rasi bintang, bulan cukup membantu meski memberikan panduan yang kasar namun cukup baik dalam banyak situasi.
Menentukan Arah dengan Bulan
  • Jika bulan ada pada fase bulan sabit, tariklah sebuah garis imajiner melalui ujungnya (tanduk) ke cakrawala. Titik tersebut kemungkinan adalah arah selatan untuk belahan bumi utara dan arah utara untuk belahan bumi selatan.
  • Jika bulan naik sebelum matahari terbenam, sisi bulan yang terang menghadap ke barat. Jika bulan naik setelah tengah malam, sisi yang diterangi akan menghadap ke timur.
Itu adalah 6 cara menentukan arah tanpa kompas yang bisa digunakan dalam kondisi survival. Sebelum memulai perjalanan anda, bawalah perlengkapan lapangan yang mungkin bisa berguna dalam perjalanan anda dalam situasi darurat seperti jam tangan ataupun jarum. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "6 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas"

Post a Comment