6 Tips Menyelamatkan Diri Dari Kemungkinan Serangan Harimau di Alam Bebas

Tips Menyelamatkan Diri dari Serangan Harimau. Alam bebas adalah rumah bagi berbagai jenis hewan yang tersebar di bumi. Ada beberapa hewan yang terkesan jinak, namun ada juga yang terkesan liar, bahkan berbahaya. Pertemuan dengan hewan liar berbahaya di alam bebas kadangkala menjadi suatu yang tidak bisa dihindari, malah harus diwaspadai karena hewan liar bisa mengganggu maupun menyerang manusia.
Harimau
Harimau adalah salah satu hewan liar dilindungi yang terkesan buas karena termasuk dalam jenis karnivora atau pemakan daging. Para penggiat alam bebas tentu tidak ingin berjumpa maupun mendapati harimau berada di sekitar mereka. Namun jika hutan adalah rumah bagi satwa liar seperti harimau, apa yang harus dilakukan jika penggiat alam 'kebetulan' bertemu dengan hewan buas ini?.

Berada tanpa penghalang di sekitar binatang buas bisa menjadi sinyal bahwa anda sedang dalam bahaya. Jika dalam perjalanan anda di alam bebas khususnya di Gunung Kerinci ataupun Gunung Semeru, anda bertemu dengan harimau, ambillah langkah tepat untuk mengurangi kemungkinan harimau akan menyerang.

Beberapa hal bisa anda lakukan untuk tetap aman di area sekitar adanya harimau liar alam bebas :


1. Tetaplah Diam dan Tenang

Jika anda melihat harimau namun harimau tersebut tidak menyadari kedatangan anda, tetaplah diam pergilah dengan segera. Atau anda bisa tetap diam di tempat sambil menunggu harimau pergi dengan sendirinya.

Jika harimau menyadari kehadiran anda, jangan menatap matanya. Harimau sedang melacak anda untuk siap menyerang. Kembalilah menjauh perlahan, berjalan mundur sampai harimau tak tampak dari pandangan anda. Kemudian, menjauhlah dengan cepat.

Jangan menimbulkan suara berisik ketika anda mendapati harimau yang sedang tidur. Harimau memiliki pendengaran yang baik, bahkan menginjak daun atau ranting, akan membuat mereka menyadari kehadiran anda.


2. Buatlah Diri Anda Besar

Jika harimau memang tampak ingin menyerang anda, cobalah untuk melihatnya dan tampaklah berani. Jangan berdiri tegak atau berjongkok seolah-olah menunjukkan bahwa anda lebih kecil dan lemah sehingga meningkatkan kemungkinan harimau akan menyerang.

Mundurlah perlahan dan buat diri anda besar, anda bisa menutup diri anda dengan jas hujan dan buatlah tampat tinggi untuk menakut-nakutinya.


3. Jangan Lari

Apapun yang terjadi, jangan langsung lari. Melarikan diri dari harimau malah membuka kesempatan penyerangan. Harimau akan berfikir bahwa mangsa dan anda tidak bisa lari lebih cepat darinya.

4. Buat Kebisingan

Tolaklah harimau dengan suara bising. Suara sederhana bisa menakut-nakuti harimau jika mereka tidak terbiasa dengan kebinsingan. Anda bisa membuat suara keras yang tidak wajar (suara serangan, bukan teriakan ketakutan) atau mengejutkan mereka dengan letusan plastik yang sudah anda tiup. 

5. Jangan Memusuhi Harimau

Jangan memusuhi harimau dengan cara apapun. Jika anda bertemu dengan anak harimau yang mencium tempat makan anda, perlakukan mereka dengan baik, berilah sedikit makanan anda dan pergilah dari tempat itu segera setelah makanan bisa mengalihkan perhatian mereka dari anda. Jangan pernah mendekati anak-anak harimau atau berinteraksi dengan cara apapun karena sang 'ibu' mudah datang ke pertahanan anak-anak mereka.

Harimau merespons apa yang anda lakukan terhadap mereka. Harimau sangat agresif dan akan mempertahankan diri dengan menyerang. Jangan membuang apapun untuk melempar ataupun memukulnya. 


6. Membela Diri

Hal terakhir yang bisa anda lakukan jika harimau pada akhirnya benar-benar menyerang adalah dengan membela diri. Gunakan apapun untuk melindungi diri sendiri dan menyeranglah. Hindari bermain mati. Ingatlah bahwa kesempatan terakhir anda untuk bertahan hidup adalah meyakinkan harimau agar melarikan diri. Anda bisa melukai harimau dan teruslah membuat kebisingan agar dia melarikan diri. Jika anda cukup beruntung dan bisa bertahan dari serangan harimau, segeralah menghentikan pendarahan anda.

Harimau termasuk hewan yang dilindungi meski sudah punah. Harimau tidak akan menyerang anda jika anda tidak pernah mengusik mereka, kecuali jika sedang lapar. Anda harus sebisa mungkin menjaga populasi harimau untuk tidak mengusik atau membunuhnya dalam segala pertahanan anda meski anda terpaksa melewati pertarungan melawannya. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "6 Tips Menyelamatkan Diri Dari Kemungkinan Serangan Harimau di Alam Bebas"

Post a Comment