Konsep S.T.O.P Dalam Situasi Tersesat

Konsep S.T.O.P Dalam Situasi Tersesat. Hal buruk di alam bebas, tak peduli seberapa besar atau kecil, terutama ketika anda menyadari bahwa anda hilang tentu akan membuat anda panik. Panik adalah reaksi pertama yang harus ditangani karena kepanikan bisa menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam situasi darurat di alam bebas. Siapapun bisa hilang, terpisah maupun tersesat dan ketika situasi itu terjadi semakin buruk, ingalah bahwa anda mempunyai kemampuan untuk melindungi diri sendiri.
Konsep S.T.O.P
Ingatlah tentang "Rules of 3" dimana anda bisa berharap untuk bertahan hidup dalam situasi darurat selama 3 detik, anda bisa bertahan hidup tanpa oksigen atau pendarahan hebat selama 3 menit, anda bisa bertahan dari paparan panas berlebih atau dingin hingga 3 jam dan anda bisa bertahan hidup tanpa makan dan air hingga 3 hari.

Panik adalah musuh anda yang harus diatasi sebelum kepanikan merugikan anda. Ada sebuah metode sederhana untuk menangani panik dalam situasi darurat yang disebut S.T.O.P. Lalu, apa itu S.T.O.P ?

S (Stop / Berhenti)

S adalah untuk stop, lalu sit. Ketika anda menyadari bahwa anda hilang, berhentilah dan luangkan waktu untuk duduk. Ambil nafas dalam-dalam dan kumpulkan pikiran anda. Anda tidak hilang, anda benar dimana anda berada dan apapun yang terjadi memang tidak bisa dibatalkan. Anda sekarang dalam situasi hidup dan itu berarti..... anda bisa kembali.

T (Think / Berfikir)

Aset yang paling berguna adalah otak anda, jadi berfikirlah. Pikirkan apa yang harus anda lakukan jika tersesat, berfikirlah positif agar anda tidak menyesal. Ambilah sebuah tindakan untuk menjaga kelangsungan hidup anda. Siapkan mental anda serta rasa percaya diri yang bisa melunturkan ketakutan anda. Setelah menenangkan diri, pikirkan situasi anda, lokasi anda dan bagaimana anda bisa sampai disana.

O (Observe / Amati)

Lihat dan nilailah situasi di sekeliling anda. Pertimbangkan medan, cuaca dan sumber daya. Lihatlah juga apakah ada tempat berlindung, air, tanah tinggi hingga daerah terbuka sehingga pencari bisa menemukan anda. Ini akan lebih mudah jika anda bisa tinggal di suatu lokasi yang memungkinkan anda untuk membuat api, memberikan perlindungan, membuat sinyal darurat yang bisa dilihat tim pencari.

P (Plan / Rencana)

Prioritaskan kebutuhan mendesak anda dan kembangkan rencana secara sistematis dalam kondisi darurat, lalu lakukan rencana anda. Uruslah diri sendiri, jangan menunda dan berfikir bahwa orang lain akan membantu anda. Dalam banyak kasus, prioritas dalam bertahan hidup yaitu :
  1. Tempat perlindungan
  2. Membuat api
  3. Membuat tanda sinyal
  4. Mencari air
Gunakan pengetahuan survival yang sudah anda ketahui untuk membuat rencana anda.

S.T.O.P adalah metode yang penting digunakan dalam situasi tersesat yang bisa membantu menghilangkan rasa panik anda. Namun, jika dalam beberapa hari tidak ada yang menyelamatkan anda, tetaplah berfikir positif, gunakan teknik survival dan cobalah menemukan jalan anda sendiri untuk selamat. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Konsep S.T.O.P Dalam Situasi Tersesat"

Post a Comment