7 Survival Item yang Harus Dibawa Para Penggiat Alam Bebas

Emergency Survival Items. Selain perlengkapan pendakian dan alat camp, menimbun logistik untuk bertahan hidup adalah hal yang lumrah dilakukan para penggiat alam. Bagi banyak orang, makanan dan minuman adalah hal utama yang paling penting untuk bertahan hidup, tapi anda tidak bisa berhenti disitu saja. Sangat mudah menimbun banyak makanan dimana hal-hal penting lainnya bisa terlupakan. Ada beberapa kebutuhan yang kadang terlalu mudah diabaikan, meski hal itu sangatlah penting ketika berada di alam bebas maupun dalam kondisi survival.
Emergency Survival Items
Berikut adalah item-item yang penting untuk survival yang setidaknya harus ada dalam barang bawaan anda :

1. Obat & P3K

Semua orang sakit dari waktu ke waktu. Untunglah sistem metabolisme tubuh sangat baik untuk menyembuhkan diri dari sakit, tapi kadang tubuh juga butuh bantuan. Beberapa obat umum dapat membantu memastikan kelangsungan hidup anda menangani masalah yang lebih umum ketika berada di alam bebas. Ada beberapa obat yang bisa anda bawa untuk menangani pilek, flu, masuk angin, nyeri yang kemungkinan bisa terjadi.

Anda bisa membawa Antihistamine, Decongestant, Krim hidrokortison, penghilang rasa sakit, minyak angin dan juga loperamide atau imodium untuk diare. Anda juga bisa membawa beberapa antibiotik.

Lebih sulit mendapatkan bantuan medis ketika berada di alam bebas. Dengan beberapa kemungkinan cedera, anda harus siap untuk mengurus diri anda sendiri. Belajarlah tentang 'pertolongan pertama'. Belajar dari palang merah setempat atau tutorial online akan membantu anda menangani cedera yang bisa saja terjadi. Anda bisa membawa perlengkapan pertolongan pertama seperti kapas, perban, antibiotik, obat luka dan sebagainya. Namun, persediaan tanpa pengetahuan tetap saja tidak berguna.

2. Baterai 

Kebanyakan orang berfikir tentang baterai, namun hanya sedikit yang tau pentingnya baterai untuk survival. Membawa baterai bukan selalu menjaga agar ponsel maupun kamera anda tetap menyala. Dalam kondisi survival, baterai adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuat api. Dengan tenaga surya, beberapa baterai isi ulang juga berguna untuk mengisi alat elektronik yang paling sering digunakan seperti radio dan senter. 

3. Lilin

Anda mungkin beralih menggunakan lilin di titik waktu tertentu disamping menggunakan sumber cahaya yang anda miliki. Lilin merupakan cahaya sederhana yang memiliki banyak keuntungan. Lilin terbakar lebih lama dan mudah dimatikan, anda bisa menggunakannya sebagai cahaya sekaligus menghangatkan diri. 

4. Korek Api & Bahan Bakar

Memasak tidak selalu menggunakan tabung gas yang membebaskan anda dari istilah 'ribet'. Anda benar-benar memerlukan bahan bakar yang bisa membantu anda dalam situasi darurat. Anda bisa lebih mudah membuat api dengan adanya bahan bakar. Bensin bukan satu-satunya bahan bakar yang mungkin diperlukan. Anda bisa menggunakan spirtus, minyak tanah maupun bahan bakar minyak yang lain. Bawalah serta pemantik api untuk menyempurnakan bahan bakar yang anda bawa.

5. Perkakas

Dalam situasi bertahan hidup, anda harus membangun sesuatu untuk bertahan. Memiliki alat yang tepat memungkinkan anda membuat tempat penampungan dan sejumlah hal lainnya. Dilain sisi, perkakas juga bisa beralih fungsi menjadi senjata anda untuk berburu. Ada berbagai perkakas minimalis yang bisa anda beli di toko-toko peralatan outdoor.
Perkakas Multifungsi

6. Jarum dan Benang

Ada kemungkinan barang-barang yang anda bawa mengalami kerusakan, yaitu robek. Pakaian, tas, tenda dan peralatan yang lain bisa saja robek. Anda memerlukan jarum dan benang untuk memperbaikinya. Dalam kondisi yang lebih darurat seperti cedera, jarum dan benang bisa digunakan untuk menjahit luka saat darurat.

7. Thermal Blanket

Thermal Blanket berfungsi untuk menyimpan panas tubuh sehingga bisa mencegah hipotermia. Anda bisa menggunakan thermal blanket untuk melapisi kantong tidur anda, sebagai alas, sebagai shelter darurat, dan lain sebagainya. Anda bisa membuat banyak hal dari thermal blanket. 
 
Beberapa peralatan tersebut sangatlah berguna dalam kondisi survival maupun tidak, namun setidaknya ada dalam ransel anda. Tentu ada tidak ingin bertahan hidup membuat api dari batu dan lain sebagainya. Meski tidak dalam situasi darurat'pun, item-item tersebut akan tetap membantu anda. Sealmat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Survival Item yang Harus Dibawa Para Penggiat Alam Bebas"

Post a Comment