10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi

Buah Liar yang Aman Dikonsumsi. Alam bebas adalah tempat berbagai jenis tumbuhan hidup. Semua orang tau ada banyak sayur dan buah yang aman untuk dimakan, tapi bagaimana dengan buah liar lainnya?. Sebagian orang yang terbiasa bergelut di alam bebas tentu tau buah liar apa yang sering dijumpai di sepanjang perjalanan, sebagian bisa dimakan, sebagian tidak dan sebagian lagi ragu-ragu. Ragu-ragu terhadap tanaman liar pastinya akan menyulitkan dalam kondisi survival, tapi jika anda tau tanaman apa yang aman untuk dimakan, sesungguhnya memang anda berada di tempat dengan sumber daya yang melimpah.

Disamping Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi, ada beberapa buah liar yang aman dimakan dan biasanya ditemui di sepanjang perjalanan di alam bebas. Berikut adalah buah liar yang aman dimakan ketika berada di alam bebas :

1. Blackberry

Ketika di alam bebas, nama ini mungkin berkaitan dengan GPS dan sinyal atau sebagainya, tapi kali ini kita tidak sedang membicarakan ponsel. Buah Blackberry  liar mudah dikenali dan sangat aman untuk dimakan. Pohonnya memiliki cabang merah berduri mirip pohon mawar, daun hijau yang lebar bergerigi dan buah yang mirip anggur. Buah Blackberry biasanya berkerumun di sekitar semak-semak. Buah berwarna hitam adalah buah yang sudah matang dan manis untuk dikonsumsi.
blackberry
Blackberry

2. Ederberries

Semak ederberries bisa tumbuh dengan mudah sekitar 10 kaki. Struktur daun menyirip 5-9 helai, daun panjang, bulat dan bergerigi. Bunganya berkerumun putih dengan 5 kelopak menyerupai payung. Buahnya berwarna ungu gelap seperti anggur, bulat dan bergerombol.  Jenis ederberries yang tumbuh di Indonesia adalah ederberries javanica yang ada di pegunungan.
ederberries
Ederberries

3. Gooseberries

Gooseberries bisa juga disebut dengan cermai. Pohohnnya bisa mencapai 9 meter, bercabang rendah dan renggang. Daunnnya tunggal, bundar telur dengan ujung runcing menyirip. Bunganya merah, berbilangan 4. Buahnya bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan, bergantungan sendiri atau bergerombol. Daging buah masam, keputihan dan banyak air. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat lembab sampai ketinggian 1.000 mdpl.
gooseberries
Buah Cermai

4. Mulberries

Daun murbei ada 2 jenis, yaitu bentuk sekop dan daun 5 jari. Buahnya hampir sama dengan blackberry, menyerupai anggur dan bisa dikonsumsi setelah matang berwarna ungu gelap. Mulberries kaya akan sumber nutrisi untuk membangkitkan tenaga dan sumber protein yang tinggi.
buar murbai
Mulberries

5. Buah Lo

Buah dari pohon elow ini banyak ditemukan di dalam hutan dan digemari kijang atau rusa. Buah o berbentuk bulat, kulit hijau sedikit mengkilap. Bagian buah terisi oleh biji-biji kecil seperti bagian buah nangka. Buah Lo bisa dimakan mentah maupun direbus agar rasa lebih manis. 
buah lo
Buah Lo

6. Buah Rotan

Meski seluruh batang rotan berduri, rotan bisa menjadi tumbuhan multifungsi ketika survival. Batang rotan bisa dikonsumsi setelah dibakar, batangnya juga mengandung air yang bisa diminum. Selain itu, buah rotan yang masih muda aman dimakan langsung. Buah rotan bentuknya kecil, bulat, kekuningan, ketika matang warnanya hitam dan rasanya asam manis.
buah rotan
Buah Rotan

7. Jambu mete

Biasanya jambu mete dipelihara dan ditanam di kebun, tapi tidak menutup kemungkinan bisa ditemukan di hutan liar. Jambu mete biasanya tumbuh di lereng-lereng gunung, itupun kadang dipelihara masyarakat sekitar. Bagian pucuk daun bisa dimakan mentah untuk lalapan. Buahnya juga bisa dimakan langsung. 
jambu mete
Jambu Mete

8. Ciplukan

Buah ciplukan atau cecendet, tumbuh subur di daerah pegunungan. Tanaman liar yang biasanya hanya memiliki tinggi tidak lebih dari satu meter ini memiliki buah yang manis. Buahnya terbungkus kuncup hijau yang akan berwarna kekuningan jika matang. Selain untuk melegakan dahaga, buah ciplukan bisa untuk mengobati asma, kurap, demam, dan sebagainya. 
ciplukan
Ciplukan

9. Buah Cantigi

Cantigi adalah tanaman yang sering ditemui di pegunungan. Tanaman dengan akar kuat ini merupakan tumbuhan survival yang semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Selain daun muda yang bisa dimakan, buah cantigi yang berwarna ungu tua juga aman dikonsumsi langsung.
buah cantigi
Buah Cantigi

10. Pear Kaktus

Prickly Pear atau Pear Kaktus mungin tanaman berduri yang cukup mengganggu di alam bebas. Buah yang berwarna jingga kemerahan, ungu dan ungu gelap dianggap yang paling manis. Bersihkan durinya terlebih dahulu, kupas kulit buahnya sebelum mengolahnya untuk dikonsumsi.
pear kaktus
Pear Kaktus
Itu adalah beberapa buah di alam bebas yang bisa dikonsumsi. Anda harus tetap cermat untuk memilih beberapa tumbuhan berbuah yang bisa dikonsumsi aman di alam bebas. Jika memakan buah mentah masih ragu, anda bisa mengolahnya terlebih dahulu. Setidaknya anda sudah mengerti ciri-ciri tumbuhan beracun di alam bebas.  Selamat Berpetualang ! 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "10 Buah Liar yang Aman Dikonsumsi"

Post a Comment