Mengenal Teknik dan Jenis Sinyal Darurat Internasional

Teknik Sinyal Darurat Internasional. Umumnya, komunikasi adalah memberi dan menerima informasi. Sebagai korban, pertama-tama anda harus mendapatkan perhatian para penyelamat, kemudian mengirim pesan yang membuat penyelamat mengerti. Beberapa hal yang menarik perhatian tim pencari seperti garis lurus, lingkaran, segitiga atau tanda X yang ditampilkan di daerah tak berpenghuni. Jenis sinyal yang digunakan akan tergantung pada lingkungan dan situasi. Teknik sinyal dapat meningkatkan kesempatan anda untuk diselamatkan.
sinyal darurat
How Making Emergency Signal?
Anda perlu menemukan daerah yang jelas dan datar terbesar di medan tertinggi untuk membuat sinyal. Pilih area yang terlihat dari udara, tapi pastikan ada tempat persembunyian di dekatnya. Apapun teknik sinyal yang ingin digunakan, anda harus tau bagaimana menggunakannya. Jika mungkin, hindari teknik sinyal yang secara fisik dapat membahayakan anda.

Ada dua cara utama untuk mendapatkan perhatian untuk berkomunikasi, yaitu secara visual dan audio. Cara yang anda gunakan akan tergantung pada situasi dan bahan yang tersedia. Sinyal visual adalah bahan atau peralatan yang digunakan agar kehadiran anda dikenal tim penyelamat.

VISUAL SIGNAL

1. Api
Api merupakan salah satu Sinyal Bantuan yang Umum Digunakan Ketika Survival. Merupakan sarana visual yang paling efektif untuk membuat sinyal. Membuat api di 3 sudut segitiga yang merupakan sinyal bahaya internasional. Bisa juga dibuat pada garis lurus dengan jarak tiap-tiap api sekitar 25 meter. Mempertahankan api mungkin susah dilakukan jika anda sendirian, tapi tetap pertahankan satu sinyal api.

Pertimbangkan lokasi geografis ketika membuat sinyal api. Buatlah di padang, tepi sungai atau dimana saja, yang penting tidak tertutp oleh dedaunan hutan. Anda mungkin harus membersihkan daerah untuk membuat api.

2. Asap 
Selama siang hari, membuat asap untuk mendapat perhatian bisa dilakukan dengan membuat tiga lokasi asap sesuai dengan sinyal bahaya Internasional. Cobalah untuk membuat asap yang kontras dengan latar belakang. Asap gelap untuk latar belakang cerah dan sebaliknya. Sinyal asap efektif pada hari yang relatif tenang dan cerah. Sedangkan saat angin kencang, hujan atau salju, akan mengurangi peluang asap untuk terlihat.
sinyal darurat
Sinyal Asap

Anda bisa membuat api besar, kemudian redakan dengan daun hijau, lumut atau sedikit air, api akan menghasilkan asap putih. Jika anda menambahkan karet atau kain yang direndam minyak, akan menghasilkan asap hitam. Jika memiliki granat asap, gunakan dalam pola yang sama.

3. Tembakan Api
  • Pen Flares : Perangkat ini terdiri dari pistol berbentuk pena dengan flare terpasang dengan tali nilon. Ketika dipencet, pena flare terdengar seperti tembakan pistol dan flare yang terbakar melesat tinggi sekitar 150 meter dengan diameter sekitar 3 cm.
  • Tracer Amunition : Gunakan senapan atau pistol tracer amunisi untuk sinyal pesawat pencari.
  • Star Clusters : Gunakan gugus bintang merah bila memungkinkan karena merah adalah warna bahaya Internasional. Gugus bintang bisa mencapai ketinggian 200 - 215 meter, terbakar sekitar 6 - 10 detik dan turun pada tingkat 14 meter per detik.
  • Star Parachute Flares : Saat malam hari, flare ini bisa terlihar di jarak 48-56 kilometer. Flare ini mencapai ketinggian 200 - 215 meter dan turun pada tingkat 2,1 meter per detik. M126 (merah) membakar sekitar 50 detik dan M127 (putih) membakar sekitar 25 detik.
sinyal darurat
Macam - macam Tembakan Api
4. Cahaya
Saat hari cerah, cermin adalah sinyal terbaik. Jika tidak memiliki cermin, anda isa memoles cangkir maupun gasper ikat pinggang atau objek serupa yang bisa memantulkan sinar matahari. Jangan mengarahkan sinar ke kokpit pesawat karena bisa membutakan pilot. Lakukan cermin sinyal di titik tertinggi daerah anda berada. 
Sinyal Cahaya
Anda juga bisa menggunakan cahaya senter atau lampu strobo ketika malam hari untuk mengirim sinyal SOS. Lampu strobo berkedip 60 kali per menit.
 
5. Panel VS-17
Saat siang hari, gunakan Panel VS-17 untuk sinyal. Tempatkan sisi orange karena lebih mudah terlihat dari udara dari sisi violet. Anda bisa menggantinya dengan kain orange cerah atau ungu.
sinyal darurat
Panel VS-17
Selain kain, menempatkan pakaian di tanah, area terbuka atau pohon adalah cara lain untuk sinyal. Pilih pakaian yang kontras dengan latar belakang dan atur dalam pola geometris untuk menarik perhatian.

6. Bahan Alami
Jika tak ada cara lain, anda bisa menggunakan bahan alami untuk membuat pesan atau simbol yang bisa dilihat dari udara maupun di darat. Gunakan batu, ranting, vegetasi, salju, rumput laut untuk membentuk simbol atau pesan. Anda bisa menulis pesan SOS di gurun pasir, daerah bersalju maupun di pasir tepi laut.

7. Sea Dye Markers
Sea Dye Markers sangat berguna dalam kondisi survival di air, seperti laut. Menggunakna Sea Dye Markers ketika siang hari bisa membantu menunjukkan lokasi anda. Pewarna ini akan mencolok sekitar 3 jam, kecuali di laut yang sangat kasar. Gunakan ketika anda mendengar atau melihat pesawat bantuan. Pewarna ini juga efektif di daerah bersalju.
sinyal darurat
Sea Dye Markers

AUDIO SIGNAL

Radio, peluit dan tembakan adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk untuk sinyal kehadiran tim penyelamat.

1. Peralatan Radio
Radio survival AN/PRC-90 adalah bagian dari rompi survival Angkatan Darat. AN/PRC-112 akan menggantikan AN/PRC-90 dimana kaduanya bisa mengirimkan nada atau suara. Jenis lain dari radio Angkatan Udara'pun bisa melakukan hal yang samaRentang radio yang berbeda bervariasi, tergantung pada ketinggian pesawat menerima, medan, kerapatan vegetasi, cuaca, kekuatan baterai, jenis radio dan gangguan. 
sinyal darurat
AN/PRC-112
Untuk mendapatkan performa yang maksimal, gunakan metode berikut :
    • Kirimkan hanya dalam medan yang jelas, tidak terhalang. Sejak radio menjadi line-of-sight perangkat komunikasi, setiaip daerah antar radio dan penerima akan memblokir sinyal.
    • Jauhkan antena pada sudut kanan pesawat penyelamat karena tidak ada sinyal dari ujung antena.
    • Jika radio memiliki kemampuan nada, letakkan tegak di atas permukaan datar yang tinggi, sementara anda bisa melakukan hal-hal lain untuk survival.
    • Jangan biarkan antena menyentuh anda, pakaian, tubuh, dedaunan atau tanah. Kontak langsung sangat mengurangi jangkauan sinyal.
    • Hemat daya baterai dengan mematikan radio ketika tidak digunakan. Jangan mengirim atau menerima terus menerus.
    • Dalam cuaca dingin, jaga baterai dalam pakaian anda bila radio tidak digunakan. Hawa dingin bisa menghabiskan daya baterai, tapi jangan biarkan baterai ada di panas ekstrim seperti dijemur dalam panas tinggi karena bisa membuat baterai meledak.
    • Jagalah radio dan baterai selalu tetap kering karena air bisa merusak sirkuit.

      2. Peluit
      Peluit memberikan cara yang sangat baik untuk sinyal. Dalam beberapa kasus, peluit terdengar hingga 1.6 kilometer.

      3. Tembakan
      Dalam beberapa situasi anda bisa menggunakan senjata api untuk sinyal. Melakukan tembakan pada interval yang berbeda biasanya menunjukkan sinyal bahaya.

      PATTERN SIGNAL

      Memberitahu orang lebih lanjut tentang keberadaan anda bisa dilakukan dengan menggunakan satu simbol untuk mengejak seluruh pesan. Anda bisa menggunakan lampu atau bendera untuk mengirim SOS - tiga titik, tiga garis, tiga titik, yang sudah diakui Internasional sebagai simbol darurat.
      pattern signal
      Pattern Signal
      Anda bisa menggunakan simbol yang memiliki makna tertentu. Buatlah simbol minimal lebar 1 meter dan panjang 6 meter. Pastikan sinyal kontras dengan latar belakang dan tempatkan pada daerah terbuka agar mudah terlihat.

      BODY SIGNAL

      Anda bisa menggunakan sinyal tubuh ketika pesawat penyelamat cukup dekat bagi pilot untuk melihat anda. Gunakan gerakan tubuh untuk menyampaikan pesan.
      sinyal tubuh
      Body Signal
       

      PANEL SIGNAL

      Jika anda memiliki layar, atau pengganti yang cocok, gunakan simbol-simbol untuk menyampaikan pesan.
      sinyal panel
      Panel Signal
      Itu adalah beberapa jenis sinyal darurat yang digunakan dalam situasi darurat Internasional. Beberapa teknik sinyal yang berbeda metode dan perlengkapan tergantung dengan kegiatan apa yang akan anda lakukan. Menjadi tentara, penggiat alam maupun pelayar, minimal anda harus mengerti dan memahami beberapa teknik sinyal yang mungkin akan berguna sehingga anda bisa mempersiapkan perlengkapan survival sebelum menjalankna tujuan anda. Selamat Berpetualang !
       

      Share :

      Facebook Twitter Google+

      0 Response to "Mengenal Teknik dan Jenis Sinyal Darurat Internasional"

      Post a Comment