3 Tips Backpacking Untuk Pemula

Tips Backpacking Untuk Pemula. Jauh di luar tempat hunian yang sibuk dan ramai, ada sebagian tempat yang menarik untuk melepaskan diri sejenak dari situasi tersebut. Tak heran, di hari libur atau tidak, tetap ada beberapa orang yang pergi untuk sekedar menikmati keindahan alam, mencari kesunyian di alam pegunungan, merasakan hawa segar lautan dan lain sebagainya. Backpacking menawarkan hal yang sangat berharga. Selain membawa 'kehidupan' penting di punggung anda, sebuah perjalanan bisa membebaskan dan menantang anda secara fisik.
Tips Backpacking Untuk Pemula
Belum pernah backpacking?, belum pernah mendaki gunung?. Anda tentu tidak ingin membuat cerita tidak mengesankan, meski sebagian orang berfikir bahwa apapun yang terjadi selalu ada cerita menarik ketika backpacking. That's right, tapi ada beberapa hal yang perlu disiapkan bagi anda sebagai pemula. Terutama jika kegiatan backpacking anda adalah mendaki gunung, tentu ini tidak main-main. 

Berikut adalah tips backpacking untuk pemula :

1.  Cari Partner Berpengalaman.

Jika memiliki teman yang suka backpacking, mintalah mereka untuk mengajak anda pada semalam atau dua malam perjalanan. Kemungkinan besar mereka akan senang untuk berbagi keahlian backpacking dengan anda. Anda bisa meminjam perlengkapan maupun berbagi. 
Cari Partner Berpengalaman
Jika anda tidak tau backpacker, carilah komunitas yang sesuai dengan minat dan keinginan anda. Bergabunglah dengan komunitas backpacking untuk mencari teman maupun jadwal perjalanan.

2. Pilih Rute 

Kemana anda akan pergi?, jangan terlalu cepat menyimpulkan. Ada beberapa faktor yang perlu diketahui untuk memilih rute backpacking, yaitu:
  • Banyak waktu : Jika anda memiliki waktu hanya akhir pekan, itu cukup untuk perjalanan pertama anda.
  • Tingkat kebugaran : Jikak perjalanan pertama anda membutuhkan fisik yang kuat, berlatihkan dengan olah raga terlebih dahulu untuk menjaga kebugaran.
  • Jarak : Tentukan berapa jarak dan perkiraan jam pendakian nyaman dalam satu hari, terlebih jika anda akan membawa barang yang berat. Jika anda seorang pemula, mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lebih panjang dari waktu normal.
  • Ketinggian : Jika anda terbiasa mendaki gunung-gunung tinggi, tentu bisa menanggulangi ketidaknyamanan saat mendaki di lereng yang miring. Jika pemula, perlu diingat bahwa anda akan membawa barang yang lebih berat yang bisa memperlambat langkah. Anda bisa menggunakan rute pendakian yang relatif datar untuk memulai.
  • Cuaca : Hindari pendakian dalam cuaca buruk. Selalu periksa ramalan cuaca. Anda bisa menggunakan Cara Memprediksi Cuaca Menggunakan Awan.
  • Logistik : Putuskan apakah anda akan camp, tektok atau lintas jalur. Pertimbangkan waktu lama perjalanan jika lintas jalur dan pastikan anda memberi waktu yang cukup untuk membuat camp sebelum gelap.
Choose a Backpacking Route

3. Pilih Perlengkapan 

Pastikan anda berbagi perlengkapan kelompok dengan teman anda, atau anda bisa membawanya sendiri. Sebelum memulai, periksa perlengkapan anda. Jika anda pergi dengan teman yang berpengalaman, mereka bisa menyarankan tentang apa yang perlu dibawa dan apa yang tidak untuk membatasi berat muatan di ransel anda. 
Backpacking Gear
Berikut adalah beberapa perlengkapan yang harus dibawa :
  • Tenda : Pertimbangkan ukuran tenda. Tenda isi 3/4 untuk 3 orang. Membawa tenda isi 3/4 untuk satu orang akan membuat bawaan semakin berat.
  • Kompor & nesting : Jika anda pergi dengan grup yang lebih besar, pertimbangkan membawa kompor lebih dari satu agar tidak ada yang menahan lapar untuk antri menunggu makanan masak.
  • Filter air : Beberapa orang membawa air untuk keperluan beberapa hari, yang bisa saja berat. Jika di alam bebas ada sumber air, hal itu bisa dimanfaatkan dan anda harus membawa filter air untuk menyaring air. hal ini akan mengurangi berat pada tas ransel anda.
  • Peralatan dapur : Anda bisa membuat peralatan dapur khusus yang berisi beberapa peralatan dasar seperti sendok, spatula kecil, pisau, garam, merica dan rempah-rempah lainnya. Pertimbangkan untuk wastafel camp seperti spons kecil dan botol sabun biodegradable untuk mencuci perlengkapan makan jauh dari camp dan sumber air.
Sedangkan untuk kebutuhan personal, ini adalah beberapa perlengkapan dasar yang diperlukan untuk backpacking.
Choose Personal Gear
  • Pakaian : Pilih pakaian dari bahan yang cepat kering. Hindari berbahan kapas yang membutuhkan waktu lama untuk kering. Hal ini juga untuk mencegah Penyakit Hipotermia. Bawalah celana nylon, jas hujan, topi hangat, kaus kaki dan pakaian untuk tidur. Pakaian kotor yang digunakan seharian bisa menghambat sistem isolasi tubuh jika digunakan untuk tidur.
  • Alas kaki : Kaki sangat penting untuk suksesnya perjalanan anda. Anda bisa memilih menggunakan sepatu atau sandal gunung. Kenali medan dan pakai alas kaki yang tepat sekaligus nyaman untuk jarak jauh. Bawalah sandal untuk dipakai di sekitar camp agar kaki anda mendapatkan udara.
  • Ransel : Cobalah kenyamanan ransel sebelum membawanya. Bawalah minimal tas yang memiliki kapasitas 45 - 60 liter yang akan diisi beban sekitar 15 kg. Jika nyaman di pinggul dan bahu, akan sangat menguntungkan perjalanan anda.
  • Sleeping bag : Pastikan membawa kantong tidur yang ringan dan hangat. Kondisikan dengan medan dan suhu pada ketinggian dimana anda akan pergi. Anda tentu tidak ingin membawa kantong tidur besar dan hangat di tempat berketinggian rendah yang akan membuat anda kepanasan.
  • Perlengkapan tidur : Tidur yang nyaman adalah impian bagi siapapun meski di alam bebas. Anda bisa memakai bantalan untuk alas tidur dan alas kepala untuk tidur malam yang baik.
  • Makanan : Agar barang yang dibawa tidak terlalu berat, kebanyakan backpacker membawa makanan beku - kering yang hanya memerlukan air mendidih. Selain itu, anda bisa membawa makanan berkalori tinggi, tinggi protein dan makanan ringan untuk cemilan siang hari.
Anda bisa membawa Survival Item yang mungkin akan anda butuhkan. Selain perlengkapan pribadi dan kelompok yang diperlukan, ada beberapa pelengkapan tambahan yang akan sangat membantu kenyamanan perjalanan anda.
Personal Health and Safety
  • P3K : Menjaga kesehatan dan keselamatan tidak cukup hanya membawa kotak P3K. Menjaga kesehatan juga termasuk menangani makanan dan minuman dengan benar serta menjaga tangan agar tetap bersih.  Bawalah pembersih tangan sepeti gel atau tissu basah yang digunakan sebelum menyiapkan makanan maupun setelah ke kamar mandi.
  • Perlengkapan Kebersihan : Tidak ada salahnya membawa beberapa perlengkapan mandi di alam bebas, meski tissu basah bisa menjadi alternatif. Di tempat yang terdapat sumber air melimpah, anda bisa mencuci muka, mandi maupun menggosok gigi (atau botol kumur). Hal ini baik dilakukan ketika di air terjun, namun ketika pendakian, usahakan tidak mencemari sumber air minum.
  • Perlengkapan wanita : Bagi backpacker wanita tentu memiliki kebutuhan khusus. Jika sedang hiking dalam hasa haid, bawalah persediaan haid dan kelolalah dengan efisien.
Backpacking merupakan hal yang sangat menarik sebagian besar orang. Namun berpergian ke alam bebas, membutuhkan beberapa persiapan yang matang, terlebih jika masih pemula. Beberapa tips backpacking diatas akan sangat membantu anda untuk pergi ke alam bebas untuk membebaskan diri dan tidak menutup kemungkinan suatu saat anda tertantang untuk backpacking seorang diri. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "3 Tips Backpacking Untuk Pemula"

Post a Comment