6 Bentuk Shelter dari Jas Hujan yang Mudah Dibuat

Teknik Membuat Shelter Dari Jas Hujan. Kegiatan outdoor seperti di pegunungan, tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan sangat akrab dengan kabut, embun, bahkan hujan. Hal ini sangat berbahaya dan menyedihkan jika persiapan anda tidak benar-benar matang. Jas Hujan, selain bisa melindungi dari hujan dan menghangatkan diri, bisa bermanfaat dalam kondisi survival. Ada beberapa jenis jas hujan dan yang akan dibahas kali ini adalah jas hujan kelelawar atau bisa disebut juga Militer Style Poncho.

Jas Hujan kelelawar yang kadang ribet dipakai dan berkibar ketika terhempas angin, ternyata bisa membantu dalam kondisi survival. Anda bisa menggunakan jas hujan kelelawar untuk membuat tempat berlindung darurat. Teknik membuat tempat berlindung yang bisa dilakukan tidak terlalu sulit, mengingat bentuknya yang berupa selembar terpal saja.  Selain melindungi dari hujan, jas hujan bisa digunakan sebagai alas terpal untuk penghilang kelembaban.

Militer Style Poncho biasanya terbuat dari bahan nilon kualitas rip-stop yang sangat bagus, sehingga selain membuat tahan air juga sangat tahan lama (awet).
Namun jas hujan kelelawar yang mungkin tidak memiliki kualitas cukup bagus, setidaknya bisa menambah waktu bertahan hidup di hutan ketika situasi mendesak. 

Berikut adalah beberasa model dan cara membuat tempat berlindung dari jas hujan (poncho) :

1. Basic Lean-To

Anda bisa menggunakan model ini untuk melindungi dari sinar matahari. Anda bisa mengaitkan poncho dengan tali diantara dua pohon dan anda bisa mengatur posisi yang diinginkan, vertikal atau horisontal. Membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Lingkungan yang ideal untuk membuatnya di tempat yang tidak berangin dan saat cuaca tidak hujan.
Basic Lean-To

2. Ridge Line Lean-To

Cara membuat shelter ini tidak beda jauh dengan model Lean-To. Hanya tinggal menata untuk membentuk sedikit atap agar bisa melindungi dari sinar matahari.
Ridge Line Lean-To

3. Flat Roof Lean-To

Membuat shelter ini menggunakan setengah bagian dari poncho sebagai dinging dan setengahnya sebagai atap.
Flat Roof Lean-To


4. Ghost Man

Bentuk shelter ini sedikit tertutup dan menyerupai shelter kerucut dimana penyangga ada di bagian tengah dan ujung poncho dipasak membentuk sebuah ruang.
Ghost Man

5. Hood Hoist

Tenda perlindungan ini hampir sama dengan Ghost Man, hanya saja atap lebih rendah dengan area yang lebih lebar. Tenda perlindungan ini cocok digunakan untuk tidur.
Hood Hoist


6. Poncho Tent

Cara membuat tenda dengan jas hujan ini tidak rumit. cukup menggantungkan poncho pada tali yang sudah dikaitkan diantara dua pohon, sehingga membentuk ruang segitiga. 
Poncho Tent

Itu adalah beberapa model shelter yang bisa dijadikan tempat perlindungan ketika ada di alam bebas. Sebaiknya gunakan terpal untuk menjaga kelembaban tanah. Tempat perlindungan dari jas hujan ini bertindak sebagai perisai panas yang sangat baik untuk mengangkis panas maupun panas api (unggun) dari depan. Selamat Berpetualang ! 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "6 Bentuk Shelter dari Jas Hujan yang Mudah Dibuat"

Post a Comment