4 Tanaman Liar Beracun yang Mematikan - Survival Alam

4 Tanaman Liar Beracun yang Mematikan

Tanaman Liar Beracun yang Mematikan. Teknik bertahan hidup menjadi hal penting yang harus dipahami oleh para pecinta alam dan juga pendaki gunung. Berbagai tumbuhan liar memberikan manfaat yang kadang dimengerti, kadang juga tidak

Dari banyaknya Tanaman Liar yang Bisa Dikonsumsi, harus diketahui pula ada beberapa tanaman di hutan yang berbahaya bahkan merugikan jika kurang hati-hati. Ada berbagai jenis tumbuhan di hutan yang bisa dijumpai ketika melakukan kegiatan di alam bebas. 

Mungkin sebagian orang berfikir bahwa mengetahui tumbuhan liar yang aman dikonsumsi lebih penting untuk kegiatan survival daripada mengetahui tumbuhan beracun, karena dari ribuan jenis tanaman, pasti hanya segelintir kecil yang beracun. Tetapi meskipun begitu, salah mengkonsumsi tanaman liar juga bisa berakibat fatal, yaitu kematian. 

Berikut adalah tumbuhan berbahaya di hutan yang tidak aman untuk dikonsumsi:

1. Jarak

jarak beracun

Jarak (Ricinus Communis) merupakan tanaman bermanfaat namun juga merugikan. Biji jarak adalah pembunuh yang mematikan, disamping daun dan getahnya yang berguna untuk pengobatan. Biji jarak menyebabkan gangguan peredaran darah dan pernafasan dan bisa membunuh dalam waktu 36-48 jam.

2. Picung

picung beracun

Pohon Picung merupakan pohon liar yang sering dijumpai di daerah yang memiliki permukaan tanah 1.000 mdpl. Pohon ini bisa mencapai ketinggian 40 meter dengan diameter batang 2,5 meter. Daunnya berbentuk jantung dengan warna hijau gelap di bagian atas dan agak keputihan di bagian bawah.

Dari beberapa Buah Liar yang Bisa Dikonsumsi, buah pohon picung masuk dalam golongan buah beracun karena mengandung sianida yang bisa menyebabkan kematian jika dimakan mentah. Biji picung akan aman jika direbus dan direndam dahulu.

3. Kecubung

kecubung beracun

Kecubung (Datura Metel) menyebabkan halusinasi pada bagian bijinya. Efek yang ditimbulkan antara lain mual, muntah, sesak nafas, gelisah, pusing, halusinasi dan akhirnya berujung kematian.

4. Jamur Amanita Verna

jamur amannita verna beracun

Dari sekian banyak Jamur Beracun di Alam Bebas, jamur amanita verna merupakan spesies jamur yang paling berbahaya karena setelah mengkonsumsinya, kematian biasanya langsung terjadi. 

Jamur ini bisa tumbuh di berbagai suhu dengan ciri khas adanya bercak-bercak putih di bagian kepala. Dalam 2-3 jam setelah mengkonsumsi dapat terjadi diare, vertigo, koma, muntah dan lainnya.

Beberapa Jamur Beracun di Alam Bebas lainnya adalah : Psilocybe, Coprinus, Hygrophorus miniatus, Gomphus bonari, Microglossum rufum.

Itu adalah 4 tumbuhan liar beracun mematikan yang bisa digunakan sebagai info untuk mencegah kekeliruan dalam survival, sekaligus sebagai bekal persiapan sebelum berpetualang di alam liar. Selamat Berpetualang !

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...