4 Metode Lensa Membuat Api tanpa Korek Api

Cara Membuat Api Dalam Kondisi Survival. Memulai api adalah salah satu hal yang paling penting untuk kelangsungan hidup. Hal ini tentu sudah pernah didengar lewat sejarah peradaban, manusia purba dan lain sebagainya. Jika anda terdampar di padang gurun, pulau tanpa penghuni maupun tersesat di hutan liar, namun tidak tahu bagaimana cara untuk membuat api, anda berada antara hidup dan mati. Inilah kenapa anda perlu mempelajari sedikit tentang teknik survival membuat api.
Bagaimana Membuat Api?
Kita perlu api untuk tetap hangat, memasak, mensterilkan alat, mengusir binatang berbahaya, mengeringkan kain basah, obor cahaya dan lain sebagainya. Beberapa teknik dan tutorial cara membuat api tanpa korek api dengan gesekan tongkat tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika kayu atau serat yang digunakan tidak tepat.

Ada metode lain cara membuat api yang lebih sederhana dan itu hanya memerlukan bahan-bahan yang mudah yaitu menggunakan metode lensa. Pada intinya metode lensa adalah teknik pembiasan dan pemantulan sinar matahari yang tentunya pernah anda dapatkan di bangku sekolah. Lalu bagaimana membuat api' nya?


Berikut adalah cara membuat api dengan metode lensa :

1. Botol Air dan Kertas

Cara membuat api tanpa korek api bisa dilakukan dengan menggukana botol air dan kertas. Sediakan botol plastik yang sudah berisi air. Pastikan bagian dari botol tersebut halus, bulat dan bening. Sediakan juga 3 lembar kertas yang memiliki tinta hitam di dalamnya, karena semakin gelap kertas akan semakin baik menyerap panas. Anda bisa mengubah botol dengan media lain seperti balon atau plastik bening.

Cara membuat api :
  • Lipat kertas dan pastikan bagian hitam ada di atas karena bagian bertinta hitam akan berfungsi sebagai platform dan bagian yang akan difokuskan pada panas matahari.
  • Untuk 2 kertas yang lain, sobeklah menjadi 2, lalu masing-masing potongan tersebut dilipat menjadi 2.
  • Gunakan tepi cembung botol air yang berfungsi sebagai kaca pembesar alternatif yang dibiaskan dengan sinar matahari.
  • Fokuskan cahaya dari botol ke bagian hitam kertas. Geserlah botol untuk menemukan titik tepat dimana sinar matahari terkonsentrasi. Lakukan pemfokusan hingga asap api mulai muncul.
  • Setelah ada lubang membara pada kertas, masukkan pada 4 kertas yang telah dilipat jadi 2 tadi agar api bisa menyebar, lakukan proses yang sama dengan 3 kertas yang lain. Anda akan memiliki banyak asap.
  • Pada titik ini, tiuplah ke dalam bara api atau ayun-ayunkan bara api sampai api menyala. 
Membuat Api dari Botol dan Kertas

2. Lensa

Untuk memulai api yang anda butuhkan adalah lensa untuk memfokuskan sinar matahari pada tempat tertentu. Kaca pembesar, kacamata maupun lensa teropong bisa anda gunakan untuk membuat api. Untuk menghasilkan api, anda juga bisa memberi lensa sedikit air. Cara membuat api cukup mudah, fokuskan sinar matahari dari lensa ke sumbu, seperti serasah hutan yang benar-benar kering untuk menciptakan asap.
Membuat Api Dengan Lensa

 

3. Es

Membuat api tanpa korek api dengan menggunakan es memang tampak mustahil, tapi hal ini memang benar-benar bisa dilakukan jika anda sedikit mau bekerja keras membentuk es menjadi bentuk lensa. Metode ini sangat berguna ketika musim dingin terutama di daerah bersalju. 

Cara membuat api dari es, anda harus menemukan air jernih. Cara yang mudah, isi air pada mangkuk, cangkir atau wadah yang terbuat dari foil dan biarkan membeku. Setelah membeku anda harus membentuk es seperti lensa cembung dengan bagian tebal di tengah dan sempit di bagian tepi. Setelah bentuk kasar es jadi, haluskan dengan tangan anda. Panas dari tangan akan melelehkan es sehingga menghasilkan permukaan yang bagus. Selanjutnya fokuskan cahaya matahari ke sumbu hingga api menyala.
Membuat Api Dengan Es

4. Kaleng soda

Bagian dasar pada kaleng soda bisa digunakan sebagai cermin fokus untuk membuat api darurat. Anda memerlukan kaleng soda dan coklat yang sebenarnya pengganti dari zat polishing.

Berikut adalah cara membuat api dengan kaleng :
  • Gunakan coklat untuk memoles bagian bawah kaleng yang belum mengkilap.
  • Bersihkan bagian bawah kaleng. Setelah dipoles, bagian bawah kaleng akan lebih mengkilap dan seperti cermin. 
  • Pantulkan sinar matahari ke sumbu atau media kertas dengan tinta hitam, melalui cermin kaleng yang sudah dibuat dan fokuskan sinar hingga asap terbentuk.
Membuat Api Dengan Kaleng
Dalam kondisi survival, api memang sangat diperlukan. Beberapa cara membuat api dalam kondisi survival menggunakan metode lensa diatas tentu bisa dilakukan di hari yang baik, tepat di bawah sinar matahari, sehingga kita tidak bisa melakukannya ketika hari mendung atau ketika malam hari. Selamat Berpetualang !

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "4 Metode Lensa Membuat Api tanpa Korek Api"

Post a Comment